lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Memulai Belajar Membuat Aplikasi Android dan Ios dengan Flutter pada Windows

0
Degananda.com -

flutter_thumb

Flutter adalah development kit khusus untuk pembuatan antar muka user (user interface)  pada aplikasi mobile yakni android ataupun ios maupund desktop (mac, linux atau windows). Flutter dibangun oleh raksasa teknologi google yang membuat support terhadap pengembangan terhadap development kit ini akan terjamin.

Flutter dapat digunakan untuk membangun UI mobile seperti android, IOS dan windows phone (multi platform) ataupun UI untuk desktop

Langkah awal untuk memulai belajar flutter adalah menyiapkan lingkungan pendukungnya pada laptop atau pc yang hendak digunakan. Saat ini flutter tersedia di 3 jenis sistem operasi yakni : linux, windows dan mac.

Memulai Belajar Membuat Aplikasi Android dan Ios dengan Flutter pada 2020

Cara install flutter pada sistem operasi windows

Ulasan ini akan membahas langkah-langkah untuk melakukan installasi flutter secara spesifik untuk sistem operasi windows

Persyaratan installasi flutter

sebelum memulai langkah installasi, alangkah baiknya seluruh persyaratan – persyaratan dibawah ini dipenuhi. Karena jika tidak terpenuhi maka flutter tidak akan bisa di install dan di jalankan.

  • Sistem operasi (jika menggunakan windows) minimal adalah windows 7 Service Pack 1
  • Memori hardisk minimal 1.3 gb free space
  • tools atau program yang harus telah terinstall :
    a. windows powershell versi 5 ketas
    b. git untuk windows
    c. (opsional, tergantung kebutuhan) platform tools spesifik. Contoh jika hendak menggunakan flutter untuk mengembangkan aplikasi android maka android studio wajib terlebih dahulu untuk di install.

Pastikan ketiga tools diatas telah terinstall dengan baik pada laptop atau pc. Jika tools diatas belum di install dapat mengunjungi tautan link dibawah ini untuk mengunduhnya secara langsung

unduh windows powershell 5

https://docs.microsoft.com/en-us/powershell/scripting/windows-powershell/install/installing-windows-powershell?view=powershell-7

unduh git untuk windows

https://git-scm.com/download/win

unduh android studio

https://developer.android.com/studio

untuk tutorial cara install android studio dapat mengunjungi tautan dibawah ini agar mendapatkan panduan lengkap.

Cara Memulai Belajar Pemrograman Aplikasi Mobile Android dengan Android Studio pada 2020

Langkah 1 Install flutter – Unduh flutter SDK

sebegaimana disampaikan pada ulasan awal, flutter adalah development kit atau tool kit. Gunakan tautan dibawah ini untuk mengunduh flutter SDK (windows)

https://storage.googleapis.com/flutter_infra/releases/stable/windows/flutter_windows_1.20.2-stable.zipd

jika tautan diatas tidak dapat dibuka maka gunakan link official flutter dibawah ini dan pilih versi paling stable

https://flutter.dev/docs/development/tools/sdk/releases

setelah file flutter SDK telah berhasil di unduh. Ekstrak file installasi flutter tersebut (berbentuk zip file) pada windows. Jangan ekstrak file installasi flutter tersebut pada folder C:/program files karena folder tersebut membutuhkan privilages khusus untuk dapat mengaksesnya.

disarankan untuk melakukan ekstrak pada path berikut ini

C:/path/./flutter

ekstrak_flutter_windows.jpg

Langkah 2 – Update Path untuk Flutter

langkah selanjutnya adalah memasukan folder flutter (path /bin) pada environment variable di windows. Tujuannya adalah agar file binary flutter dapat dipanggil pada konsol maupun oleh aplikasi pendukung flutter lainnya seperti android studio, visual studio code dan lain sebagainnya.

buka sistem environment variables dari start menu windows

edit_system_environment_variables.jpg

kemudian pada system variables – path tambahkan lokasi path dari folder flutter/bin

flutte_bin_path.jpg

kemudian lakukan verifikasi untuk memastikan flutter telah berhasil ditambahkan pada system environment variables (path) dengan cara membuka powershell dan tuliskan perintah dibawah ini

flutter

indikasi keberhasilanya adalah apabila pada konsol powershell akan muncul pesan selamat datang pada flutter SDK seperti pada gambar dibawah ini

flutter_welcome_install_berhasil.jpg

Langkah 3 – validasi bahwa flutter dan android studio telah berhasil terintegrasi

flutter akan berjalan diatas android studio. Sehingga perlu dilakukan verifikasi apakah flutter telah siap untuk digunakan pada android studio. Jalankan fluter doctor untuk memastikan hal tersebut.

flutter doctor

perintah flutter doctor ini akan memberikan status installasi flutter dan integrasinya , baik itu terhadap windows, android studio atau untuk pengembangan aplikasi IoS.

flutter-doctor-verifikasi.jpg

pada hasil diatas dapat diketahui bahwa flutter telah sukses terinstall pada windows tetapi pada sisi android studio diperlukan untuk menjalankan beberapa hal salah satunnya adalah melakukan installasi plugin untuk flutter.

Langkah 4 – Menyelesaikan diagnosa problem integrasi pada flutter doctor

Cara Integrasi flutter pada visual studio code

Sebagai contoh untuk melakukan perbaikan integrasi antara flutter dengan visual studio code, maka dapat dengan melakukan installasi extension flutter yang berada di market place visual studio code

flutter-fix-visual-studio-code.jpg

kemudian cukup install extension tersebut dan jalankan kembali flutter doctor maka apabila integrasi berhasil, bagian VS Code pada konsol akan memiliki tanda centang.

flutter-vsc-fixed.jpg

Cara Integrasi Flutter pada android studio

untuk mengintegrasikan flutter dengan android studio diperlukan dua langkah. Langkah pertama adalah melakukan masalah lisensi flutter terhadap android studio. Cukup jalankan perintah dibawah ini

flutter doctor --android-licenses

langkah kedua adalah melakukan installasi plugin flutter dan dart pada android studio. Buka market place plugin android studio.

android_studio_flutter_plugin.jpg

serta install juga plugin untuk dart dikarenakan flutter menggunakan bahasa pemrograman dart.

android_studio_flutter_plugin_dart.jpg

tunggu hingga proses installasi plugin flutter dan dart selesai kemudian jalankan kembali flutter doctor.

flutter_doctor_terintegrasi_vsc_androidstudio.jpg

selesai ~ selamat belajar flutter pada windows

 

 

(Visited 39 times, 1 visits today)

Leave a Reply