lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Memulai pemrograman python – hello world !

0
Degananda.com -

Helloworld adalah kata-kata yang sangat populer saat mempelajari bahasa pemrograman baru hehe.

Biasannya ketika kita mempelajari pemrograman yang baru maka hal pertama terpikirkan adalah bagaimana menuliskan hello world atau hello dunia dengan menggunakan bahasa pemrograman / script baru tersebut.

Untuk dapat menampilkan text helloworld maka kita harus mempersiapkan environment agar bahasa pemrograman tersebut dapat berjalan. Jika pada local machine telah terdapat python maka selanjutnya yang kita butuhkan untuk menampilkan helloworld dengan menggunakan python adalah texteditor.

Sebenarnya kita tidak memerlukan IDE cukup dengan notepad++ saja. Tetap disini karena kami sudah sangat nyaman dengan menggunakan microsoft visual studio code (VSC) maka dipilihkan texteditor tersebut.

Alasan utamannya adalah simpel , ringan terdapat berbagai extension yang siap mensupport berbagai macam bahasa pemrograman. Dan yang terpenting adalah jika dibandingkan dengan notepad++ dan sublime microsoft visual studio code(VSC) telah memiliki integrated terminal yang secara default dapat langsung digunakan.

Mempersiapkan texteditor untuk python

Menyiapkan visual studio code

Jika anda belum memiliki visual studio code dapat langsung diunduh melalui link dibawah ini

https://code.visualstudio.com/

Install extension pyhton

Hal terpenting saat melakukan pemrogramana dalam suatu editor adalah autocomplete atau biasannya kita menyebutnya dengan istilah intellij. Agar memudahkan menuliskan suatu fungsi ataupun shortcut untuk  emplate code.

Pada visual studio code anda dapat mengkases menu extension dengan cara memilih view kemudian pilih extension.

jika anda menggunakan mac maka menu extension juga dapat diakses dengan menekan kombinasi keypad command+shift+x.

Memilih extension untuk python

Terdapat beberapa pilihan extension python yang dapat kita gunakan dalam vsc. Disini kami menggunakan extension yang paling populer (banyak digunakan oleh banyak orang). Banyak orang menyukai berarti extension tersebut memiliki fitur dan performa yang baik.

Nama librarynya adalah python for vscode yang hingga saat ini pada saat tulisan dibuat telah diunduh sebanyak kurang lebih 400.000 orang dan memiliki rate empat bintang.

setelah menginstall jangan lupa melakukan restart pada visual studio code untuk mengkatifkan extension Python for vscode tersebut.

Menampilkan helloworld.

Ini adalah saat-saat yang kita tunggu yakni menuliskan helloworld pertama dengan menggunakan python.  Buat satu file dimana saja sesuaikan dengna lokasi project yang anda inginkan dan tuliskan perintah print() untuk menampilkan text pada commandline/terminal.

print("Hello world, my first line in python")

Compile

selanjutnya melakukan compile terhadap script python pertama kita. Untuk itu kita memerlukan terminal. Pada visual studio code terdapat integrated terminal sehingga tidak perlu membuka terminal dalam window yang terpisah.

Integrated terminal dapat diaktifkan dengan cara membuka menu view kemudian pilih integrated terminal

atau dapat juga kita akses dengan menggunakan shortcut dengan keypad yakni menekan shift + `. Berikut adalah tampilan integrated terminal dengan menggunakan visual studio code.

Untuk mengcompile script python diatas maka perintah yang kita tuliskan pada terminal adalah

python3 helloworld.py

nama file yang kami gunakan adalah helloworld.py berikut adalah hasil script helloworld pertamakita.

kami menggunakan python3 bukan python karena localmachine kami adalah osx sehingga ketika menggunakan python maka versi python yang digunakan adalah versi 2. Untuk saat ini kami menggunakan pyhton3.