lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Memulai Pemrograman Typescript – Typescript Indonesia

0
Degananda.com -

memulai_typescript

1.Apa itu Typescript

Typescript adalah bahasa pemrograman yang menggunakan tata bahasa sama persis seperti javascript tetapi dengan berbagai kemampuan tambahan atau secara singaktnya typescript adalah javascript yang lebih modern.

Sumber kode (source code) dari typescript tersedia di github sehingga typescript ini dapat dikategorikan sebagai opensource.

typescript_superset_javascript.jpg

Istilah lain mengenai typescript adalah suatu bahasa pemrograman yang merupakan superset dari javascript (javascript +++) yang artinnya semua fitur yang ada pada javascript juga dapat dilakukan dengan javascript tetapi ada sebagian fitur dari typescript yang tidak dapat dilakukan di javascript karena javascript adalah subset dari typescript

1.1 Typescript dapat berjalan pada semua versi browser

Berbeda dengan pendahulunnya javascript yang sering kali mendapatkan compatibility issue ketika dijalankan pada versi browser yang berbeda. Terdapat beberapa perintah javascript ES5 yang dapat berjalan pada chrome namun tidak berjalan pada internet explorer / Edge.

Typescript mampu melakukan kompilasi terhadap javascript yang nantinnya hasil kompilasi ini akan bisa berjalan pada semua jenis versi browser. Selain browser, hasil kompilasi typescript ini juga dapat berjalan pada NodeJS ataupun segala jenis mesin yang dapat menjalankan Ecmascript versi 3 ke atas.

1.2 Typescript dapat digunakan untuk membangun aplikasi kompleks

Berbeda dengan javascript yang terlalu dinamis typescript justru lebih statis dalam tata cara penulisannya. Pada javascript pembuatan variabel dapat dilakukan dengan hanya menggunakan perintah var

var nama = variable;

bagi sebagian orang , penamaan variabel seperti ini sangat membingungkan karena terlalu dinamis. Typescript memungkinkan programmer untuk memberikan tipe data umum pada variabel tersebut. Contohnya membuat variabel yang ber tipe float (desimal).

let tahun: Array = [2012, 2013, 2014];

Selain itu, typescript juga memungkinkan melakukan OOP (Object oriented programming) mulai dari class , inheritances, polymorphism hingga interfaces yang tentunnya semakin memudahkan programmer dalam berkolaborasi karena struktur kodenya mengikuti standar umum pemrograman.

1.3 Typescript untuk Refactoring

Typescript juga memungkinkan untuk melakukan refractoring code berbeda dengan javascript.  Refractoring adalah suatu aktivitas yang mengubah struktur kode dari program tanpa mengubah output dari kode tersebut.

1.4 Typescript selalu mengikuti perkembangan ecmascript

Dalam website resmi typescript disebutkan bahwa seiring dengan berkembangnya versi ecmascript maka pengembangan typescript juga akan mengikuti. Sehingga tidak perlu khawatir typescript tidak dapat menggunakan fitur-fitur terbaru dari ecmascript yang rilis dipasar.

2.Apakah typescript lebih populer dibandingkan javascript

2.1 Google trends untuk typescript dan javascript

Typescript adalah bahasa pemrograman yang secara khusus gunakan untuk membungkus javascript dengan berbagai kemampuan yang biasa ada pada bahasa pemrograman lain seperti java , python dan lain-lain.

Tentunnya tingkat popularitas javascript lebih tinggi dikarenakan secara mayoritas kode yang ada pada internet masih menggunakan javascript pada umumnya (jquery). Hal ini dibuktikan dengan tingkat google trends yang menunjukan bahwa tingkat popularitas typescript kalah jauh jika dibandingkan dengan javascript.

typescript_vs_javascript_trend_google.jpg

data diatas adalah trend secara wolrd wide, lalu bagaimana dengan trend pada indonesia? hasilnya tidak berbeda jauh. Javascript masih sangat populer dibandingkan dengan javascript itu sendiri karena memang secara dasarnya javascript adalah akar dari typescript.

typescript_vs_javascript_trend_google_indonesia.jpg

3.Hello world pada typescript

Untuk membuat hello world pada typescript dibutuhkan beberapa hal. Pertama pastikan bahwa nodejs telah terinstall pada local machine. Gunakan perintah dibawah untuk memastikan nodejs telah terinstall dengan baik.

node -v

kemudian install modul typescript secara global sehingga dapat digunakan disemua project pada local machine.

npm install typescript -g

kemudian buat file helloworld.ts dan tuliskan baris kode untuk print hello world. ingat extensi file yang digunakan bukanlah titik js melainkan titik ts

console.log("hello world");

kemudian compile kode diatas dengan menggunakan perintah

tsc helloworld.ts

hasil dari kompilasi diatas akan menghasilkan helloworld.js

tsc_helloworld.jpg

lalu bagaimana cara menjalankan pada node js? cukup gunakan perintah yang sama yaitu

node helloworld.js

pada artikel selanjutnya proses kompilasi dan eksekusi (run) ini dapat diotomasi

tsc_helloworld_js.jpg

(Visited 566 times, 1 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply