lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Mengenal interface menu admin pada drupal 8

0
Degananda.com -

TL;DR; Drupal 8 melakukan perubahan terhadap user interface menu admin yang mana semuannya diletakan pada “Manage” menu item sehingga kita semakin mudah dalam menggunakannya.

seluruh menu admin kini berada dibawah menu item “manage”

Drupal 8 memiliki tampilan (user interface) yang berbeda dengan drupal 7. Kita perlu mengetahui secara garis besar terkait fitur-fitur yang dapat kita manfaatkan pada menu admin di drupal 8 ini. Jika anda telah menginstall drupal pada local machine anda maka menu admin dapat anda akses pada url /admin tentunnya dalam posisi anda login sebagai admin. Jika role anda bukan admin maka menu ini tidak dapat diakses.

Setidaknya ada delapan submenu dibawah manage. Kedelapan submenu tersebut memiliki fungsinnya masing-masing. Jika anda tidak suka melihat menu admin secara verikal maka anda dapat menggunakan menu horizontal dengan menekan tombol horizontal orientation

jika ingin mengembalikan ke mode vertikal anda dapat menekan tombol vertikal orientation.

1. Submenu content

pada menu ini kita dapat mengatur hal – hal terkait user generated content yang berarti konten-konten yang dimasukan user kedalam site seperti post, commet, files, photo, dan lain – lain. Seluruh opsi web 2.0(user generated content) dapat kita atur disini

2. Structure

pada menu ini kita dapat mengatur sesuatu yang berkaitan dengan susunan konten dari website kita mulai dari Contact forms, Content types, Display modes, Menus, Taxonomy, and Views.

3. Appearance

menu yang sangat sering kita buka karena berkaitan dengan theming. Disini kita dapat melakukan installasi dan uninstall theme. Selain tema untuk frontend , kita juga dapat mengatur tema untuk backend(admin page).

4. Extend

Menu ini memiliki fungsi untuk mengatur modul-modul yang terinstall di drupal. Secara default modul seperti Views, CKEditor akan dipindah ke folder core drupal. Jika anda membuat custom module maka disinilah kita dapat melakukan installasi, uninstall serta konfigurasi(jika ada) pada custom module tersebut.

contoh diatas adalah module actions yang memang bawaan dari drupal (berada dibawah “core”).

5. Configuration

Secara umum berfungsi untuk melakukan konfigurasi terhadap module-module core. Namun jika anda juga telah menginstall contributed module juga dapat dilakukan disini. Untuk custom module konfigurasi tetap dilakukan dibagian extends.

6. People

Disini kita dapat mengelola user dalam website. Selain itu juga dapat mengatur terkait permission mulai dari memberi hak akses, mencabut hak akses dan lain sebagainnya

7. Reports

Berisi tentang laporan-laporan yang masuk pada drupal. Salah satu menu paling penting disini adalah recent log messages yang dapat menampilkan log-log yang masuk ke sistem. Biasannya ketika terjadi error (catch) ataupun errorcode di pemanggilan API log akan dimasukan kesini sehingga sangat membantu kita dalam proses debugging

8. Help

sesuai dengan namannya “bantuan” disini terdapat beberapa resource yang dapat kita buka dalam bentuk link terkait dengan drupal 8. Anda stuck ? mungkin beberapa resources dibawah menu help ini dapat membantu anda.


Itulah delapan submenu admin yang ada pada drupal 8. Untuk proses theming yang akan sering kita gunakan adalah module appearances , extends dan reports(untuk keperluan debugging).