lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Mengenal state tema pada drupal

0
Degananda.com -

state theme sangat berguna untuk mengetahui kondisi tema yang kita miliki didrupal.

Jika anda telah familiar dengan CMS seperti wordpress maka istilah installed , uninstalled dan default yang terkait dengan tema sudah tidak asing. Layaknya CMS pada umumnya, tema pada drupal juga memiliki tiga state tersebut.

state tersebut dapat menunjukan status dari tema terkait. Hal ini sangat memudahkan kita sebagai administrator ataupun default untuk mengetahui kondisi dari semua tema yang ada di drupal. Kita dapat memiliki lebih dari satu tema pada drupal. Tema-tema tersebut memiliki state yang berbeda.

Untuk state default hanya diperbolehkan dimiliki oleh satu tema. Sedangkan installed dan uninstalled bersifat jamak artinnya bisa banyak tema yang memiliki state tersebut.

Installed theme

State ini menunjukan status bahwa tema tersebut telah berhasil kita unduh , install dan siap gunakan pada drupal. “Siap” berarti dia telah memenuhi kriteria untuk dapat dipakai sebagai tema di frontend maupun backend. kriteria tersebut dapat berupa :

  1. Versi drupal yang compatible
  2. Versi php yang compatible
  3. Proses installasi yang berjalan dengan baik (tidak ada error/corrupt pada file).

Anda dapat mengetahui daftar installed theme pada endpoint berikut ini (harus login sebagai administrator)

/admin/appearance

pada menu admin tersebut akan muncul daftar tema yang telah terinstall dan siap untuk digunakan

Default theme

Istilah default theme berarti tema yang sedang kita gunakan di drupal. Analoginnya adalah seperti kita memiliki lemari baju. Baju-baju yang berada dilemari adalah installed theme sedangkan baju yang pada saat itu kita pakai dapat disebut sebagai default theme.

Pada drupal kita dapat memiliki dua buah default theme karena drupal tidak hanya memberikan kemampuan penggunaan tema hanya difrontend saja melainkan juga support untuk bagian backend.

Untuk dapat mengetahui tema yang kita sedang gunakan sebagai backend ataupun frontend anda dapat melihatnya diendpoint

/admin/appearances

pada daftar menu installed theme tersebut akan terdapat tulisan berupa “default theme” ataupun  “administration theme”. Berikut ini adalah default theme yang sedang kami gunakan dengan ciri ada tulisan “default theme” disamping nama tema tersebut

Sedangkan tema yang kita gunakan sebagai default untuk bagian backend / administration akan terdapat tulisan “administration theme” disamping nama tema tersebut.

Uninstalled theme

Sesuai dengan namannya tema yang masuk pada golongan uninstalled theme ini berarti tema tersebut telah kita uninstall dari drupal. Anda dapat mengakses daftar uninstalled theme tersebut pada endpoint yang sama dengan installed theme ataupun default theme yakni di

/admin/appearances

scroll kebawah maka anda akan menemukan uninstalled theme

yang terpenting disini adalah bahwa kita dapat melakukan install kembali atau reinstall terhadap tema yang kita kita uninstall. Sehingga tidak perlu khawatir akan kehilangan tema karena kesalahan klik (human error).