lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Mengenal tema bawaan / core dari drupal

0
Degananda.com -

Tema Bawaan Drupal

Drupal memiliki dua buah tema bawaan (default) yang secara otomatis akan tersedia untuk kita gunakan yakni

  1. Seven
  2. Bartik

dalam konteks pembuatan tema custom di drupal mengetahui karakteristik dari kedua tema tersebut sangatlah penting. Poin utamannya adalah karena kita akan menggunakan kedua tema tersebut sebagai “base theme” dari tema custom kita.

Alasan menggunakan base theme dari tema yang sudah ada adalah untuk mempersingkat waktu pengerjaan pembuatan tema. Sehingga kita dapat lebih fokus terhadap desain layout ataupun proses bisnis yang harus dipenuhi dalam tema yang kita buat.

Tanpa menggunakan base theme kita akan membutuhkan lebih banyak waktu dalam pengerjaan tema custom contohnya adalah manajemen file stylesheet dan javascript yang harus kita konfigurasi secara manual. Sedangkan jika menggunakan seven atau bartik kita dapat mengikuti konfigurasi yang sudah ada , tidak perlu repot-repot memikirkan bagaimana mekanisme loading stylesheet/javascript.

Bartik

Bartik adalah tema yang pasti terinstall saat kita pertama kali menginstall drupal. Tema ini sangat iconic sehingga ketika orang melihat bartik akan langsung tahu bahwa website tersebut menggunakan CMS Drupal dengan catatan orang tersebut mengetahui tentang drupal.

Warna biru yang menjadi ciri khas dari drupal dengan icon kepala orang berbentuk bundar.

Tema bartik adalah tema default untuk frontend dari CMS Drupal.

Seven

berbeda dengan bartik yang cenderung iconic dengan warna biru ciri khas drupal ditambah maskot berbentuk kepala yang sangat menggambarkan bahwa website tersebut dibuat dengan drupal maka seven adalah tema yang dibuat untuk keperluan administrasi drupal tersebut. Kita biasa menyebutnya dengan istilah “backend“.

Tema seven ini memudahkan kita dalam melihat pengelompokan menu dan submenu untuk keperluan administrasi website.

Namun ini bukan berarti bahwa tema seven tidak dapat digunakan untuk frontend.

ini adalah tampilan layout ketika menggunkan tema seven untuk bagian frontnend pada drupal.

Kesimpulan

  1. Penggunaan drupal core theme sangat membantu kita dalam mempersingkat waktu pembuatan custom theme. Hal ini akan dibahas di chapter-chapter selanjutnya.
  2. Bartik adalah tema ic0nic yang dimiliki oleh drupal dengan kata lain identitas dari drupal itu sendiri.
  3. tema seven tidak cocok untuk digunakan di frontend karena terlalu rigid, namun tema ini sangat cocok untuk digunakan pada bagian backend (administrasi).