lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Mengetahui Mengapa Sering Disconnect (DC) saat Bermain Game

0
Degananda.com -

game_disconnected_dc

Dewasa ini, jenis permainan game yang banyak digandrungi oleh khalayak umum baik orang dewasa maupun anak – anak tidak lepas dari permainan yang melibatkan lebih dari satu orang untuk bermain bersama-sama (multiplayet game).

Dikarenakan game tersebut adalah game multiplayer yang dimainkan bersama, salah satu faktor yang sangat menentukan dari lancar atau tidaknya permainan tersebut adalah kestabilan kondisi internet. Tanpa adannya kondisi internet yang stabil permainan akan terganggu dan mudah untuk disconnect atau sering kali disebut sebagai DC.

Kecepatan koneksi cepat tetapi masih sering disconnected atau DC ?

Memiliki koneksi yang cepat seperti pada gambar dibawah ini tidak akan menjamin saat bermain permainan multiplayer yang mana melibatkan banyak orang memaikan permainan secara bersama-sama akan lancar dan akan sangat jarang untuk disconnected.

speed_test-mnc.jpg

Ping & Kecepatan tidak akan menjamin kelancaran bermain game multiplayer, kestabilan koneksi internet lah yang paling mempengaruhi.

Tak khayal pada kondisi tertentu koneksi 3G ataupun 4G justru lebih bagus jika dibandingkan dengan koneksi broadband seperti MNC/indiehome/dan lain sebagainnya karena lebih stabil (pada kondisi tertentu).

Bagaimana cara mengukur kestabilan jaringan internet

Cara untuk mengukur tingkat kestabilan jaringan internet tidak membutuhkan alat khusus. Pada windows cukup menggunakan power shell ataupun CMD biasa untuk dapat mengetahui tingkat kestabilan jaringan internet. Jika Sistem operasi yang digunakan adalah Linux/OS maka dapat menggunakan console terminal.

Untuk membuka CMD pada windows cukup tekan windows + R yang akan membuka jendela “RUN” dan tuliskan perintah CMD sesuai pada gambar dibawah ini.

run_cmd.jpg

kemudian tekan enter, maka window CMD yang berwarna hitam akan muncul

windows_CMD.jpg

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengukur kestabilan jaringan internet pada windows

1.Tentukan game multiplayer yang sedang dimainkan

Saat bermain game multiplayer laptop atau handphone akan langsung terkoneksi dengan server game tersebut, sehingga langkah pertama ini adalah mendapatkan okasi dari server game tersebut.

IP Server sesungguhnya perlu menggunakan beberapa langkah yang cukup sulit. 

Oleh karena itu, cukup hanya menggunakan lokasi dari server game tersebut untuk mengetahui dan test kondisi internet yang akan digunankan. Selanjutnya dari lokasi game server tersebut akan dicocokan ke website utama google sesuai dengan lokasinnya.

  • Indonesia google.co.id
  • Singapore google.com.sg

Mengapa google ? search engine ini sangat stabil dan hampir terdapat diberbagai negara. Sangat cocok untuk melakukan benchmark.

Contoh disini game multiplayer (mobile) yang dimainakan adalah world of dragon nest (WODN). Server world of dragon nest ini berada di SEA, biasannya atau umumnya server SEA akan terletak di Singapore.

Buka CMD dan tuliskan perintah dibawah ini

ping google.com.sg

Biarkan perintah diatas berjalan selama satu menit.

ping_google_singapore_rto.jpg

Jika kondisi internet yang digunakan stabil artinnya tidak akan ada RTO(Request timeout) disalah satu baris logs tersebut. Pada gambar diatas dapat disimpulkan bahwa jaringan yang digunakan tidak stabil atas game server dilokasi singapore.

Solusi internet tidak stabil

Gunakan koneksi internet lain :D~, Coba gunakan jaringan 3G/4G terkadang pada kondisi tertentu justru lebih stabil.

(Visited 6 times, 1 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply