lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Menjaga Api Semangat dalam Memperjuangkan Hidup

0
Degananda.com -

letter_to_myself_life

a letter for myself


Perjuangan hidup anak manusia dimulai disaat ia dilahirkan dari rahim seorang ibu. Berawal dari belajar menangis, merangkak, berjalan, berbicara hingga menjadi seseorang yang dewasa.

Umumnya pada usia 16 tahun, anak manusia itu akan masuk pada jenjang pendidikan SMA. Merupakan pendidikan menengah ahir, masa dimana pencarian jati diri dimulai. Tekanan sosial serta gojolak dalam diri terkait pencarian identitas diri mulai muncul dimasa-masa ini.

Tiga tahun waktu yang dihabiskan untuk dapat menuntaskan pendidikan sekolah menegah ahir hingga mendapatkan ijazah setelah melalui serangkaian proses ujian, termasuk ujian ahir nasional.

Empat tahun berlalu pasca menyelesaikan pendidikan di SMA, Kemudian anak manusia ini masuk ke perguruan tinggi dambaanya dengan berbekal nilai ujian sekolah yang sangat baik. UI, ITB, ITS, UGM bahkan hingga perguruan tinggi di luar negeri seperti NTUST, MIT, Harvard.

empat tahun berlalu melalui masa-masa perkuliahan, anak manusia ini lulus dengan ipk cumlaude dan kemdian bekerja diperusahaan bonfanit dengan gaji 2 digit dengan tunjangan fantastis.

satu tahun berlalu, anak manusia ini akan menikah, membangun rumah , membeli mobil dan memulai kehidupan bersama keluarga kecilnya.


itu adalah narasi kehidupan yang bersifat utopis – khayalan dengan kondisi yang sangat ideal.

unfortunately, that is not how life works.

ada anak manusia yang :

  1. tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan akibat keterbasan biayal, meski begitu ia dapat sukses menjadi seorang pengusaha.
  2. memiliki ipk cumlaude dengan segudang prestasi dan penghargaan saat kuliah tetapi harus dipanggil sang pencipta disemeter pertengahan.
  3. memiliki gaji fantastis ratusan puluhan ribu dollar singapore per bulan, tetapi belum diberikan momongan(anak) hingga di usia 40-an.
  4. membutuhkan waktu hampir 8 tahun untuk menyelesaikan kuliahnya, tetapi ahirnya dapat bekerja diperusahaan impiannya.

well, that is how life works.

setiap orang memiliki jalan hidupnya masig-masing. Jangan pernah membandingkan hidup kita dengan orang lain karena setiap orang memiliki kekuatan dan tantanganya masing-masing.

Selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki dan temukan dan gali passion selagi masih muda. Dengan hidup sesuai dengan passion yang di inginkan maka akan lebih dapat menikmati perjuangan hidup yang akan dihadapi karena kita akan menjalani sesuatu yang kita cintai.

  • jika ingin menjadi seorang enterpreneur, maka jadillah enterprenur yang baik.
  • Jika ingin menjadi seorang guru, maka jadilah seorang guru yang baik
  • jika ingin menjadi seorang data scientist, maka jadilah seorang data scientist yang baik.
  • jika ingin menjadi seorang pelukis, maka jadilah seorang pelukis yang baik.

Menjaga Api Semangat dalam Memperjuangkan Hidup

Takdir dapat diubah dengan usaha manusia dan kehendak tuhan. Tetapi, terkadang ada  hal-hal yang hanya bisa berhasil jika dan hanya jika tuhan berkehendak.  Jangan pernah lupakan tuhan dalam menjalani perjuangan hidup karena pada ahirnya, kita hanya akan bisa bergantung pada usaha diri sendiri dan tuhan.

Budayawan sujiwo tejo pernah mengatakan bahwa :

untuk menjadi atheis ataupun menghina tuhan, tidak perlu kita menginjak alquran dan menghina nabi. cukup khawatir apakah besok kita akan makan, khawatir apakah besok kita akan mendapatkan perguruan tinggi yang baik, khawatir apakah kita akan mendapatkan pekerjaan dan rezeki yang layak dimasa depan, maka itu sudah cukup untuk menjadi seorang atheis dan telah menghina tuhan.

jaga api semangat dalam memperjuangkan hidup, lakukan dan usahakan yang terbaik, serahkan sisannya pada tuhan yang maha penyayang – ar rahman.

gresik,

1 oktober 2020.

(Visited 16 times, 1 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply