lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Meteor – setup & installasi

0
Degananda.com -

Meteor

Banyak sekali web framework yang dibangun dengan menggunakan javascript. Salah satunnya adalah meteor. Framework ini berjalan diatas engine nodejs yang berarti meteor merupakan framework fullstack. Meteor menggabungkan beberapa teknologi untuk membuat aplikasi yang mana client dan server dapat berkomunikasi secara realtime dan seamless.

Meteor memiliki beberapa keunggulan diantarannya yaitu :

  1. Client dan server akan dibuat dengan menggunakan javascript sehingga semuannya dikerjakan dengan satu bahasa. Berbicara dengan satu bahasa tentunnya lebih mudah dibandingkan dengan berbicara menggunakan lebih dari satu bahasa bukan?
  2. Meteor menggunakan konsep data to wire yakni server mengirimkan data bukan plain html yang nantinnya data tersebut akan dirender oleh client
  3. Meteor memiliki komunitas yang telah terestablished
  4. fullstack reativity yakni server dan client berkomunikasi secara realtime.

Meteor secara umum terdapat dua versi yakni versi untuk angular dan react. Untuk angular, meteor hanya mensupport angular 1.x sedangkan jika kita ingin menggunakan angular versi 2.x keatas maka nama dari framework tersebut bukanlah “meteor” melainkan meteor-angular. Meteor dapat digunakan untuk membangun aplikasi web , mobile (android ataupun ios) dan bahkan desktop.

Pada intinnya meteor adalah framework yang menggabungkan beberapa teknologi ataupun library agar dapat membuat aplikasi realtime. Beberapa teknologi yang masuk didalamnya yaitu : nodejs, mongodb, cordova(untuk aplikasi mobile), angular, react dan lain-lain.

pada sisi server meteor menggunakan nodejs dan mongodb sebagai databasenya. Selain itu untuk menunjang sisi performa dan fitur realtimenya pada server terdapat beberapa library yang digunakan yakni :

  1. Connect – library yang mengatur response http
  2. Mongodb database driver (untuk melakukan koneksi ke database & manipulasi data)
  3. Livequery –  melakukan query terhadap database pada mongodb secara reactive
  4. Fibers – berfungsi menggurangi kegiatan callback.

inilah yang membuat meteor sangat powerfull dimana pada sisi client dan server telah dilengkapi dengan library-library yang sangat berguna sehingga kita tidak perlu membuat arsitektur sendiri. Dapat diibaratkan seperti membangun rumah yang dibangun berdasarkan suatu standar tertentu. Dengan menggunakan standar maka kita tidak perlu memikirkan teknologi terlalu dalam sehingga dapat fokus pada permasalahan bisnisnya.

Angular-meteor

Jika anda familair dengan angular dan ingin menggunakan meteor maka angular-meteor ini sangat cocok untuk dipelajari. Angular-meteor adalah framework meteor yang mensupport angular versi 2.x keatas. Ini dikarenakan angular versi 1.x dan 2.x+ memiliki perubahan yang sangat drastis atau dapat kita bilang benar-benar suatu framework yang baru(antara angular 1.x dan 2.x). Sama halnya dengan meteor , angular-meteor adalah framework fullstack yang berjalan dengan nodejs menawarkan kemampuan realtime communication antara client dan server.

Secara umum fitur yang paling menonjol yang ditawarkan angular-meteor sama seperti meteor yakni sinkronisasi data secara realtime pada sisi client, database dan server. Perlu di ingat bahwa angular meteor dan meteor adalah sesuatu hal yang berbeda. Angular-meteor ini menggabungkan antara meteor dengan angular 2.

Installasi Meteor

Untuk melakukan installasi meteor kita dapat mengunduh installer meteor pada web resminya yakni di : https://www.meteor.com/

jika anda menggunakan windows maka terdapat installer dalam bentuk .exe yang dapat dengan mudah menginstall meteor di komputer anda. Namun jika anda menggunakan linux/osx jalankan perintah dibawah ini untuk melakukan install terhadap meteor

curl https://install.meteor.com/ | sh

jalankan perintah diatas pada terminal/console anda. Tunggu hingga proses download dan installasi selesai pada terminal

done meteorpun telah terinstall pada komputer/laptop anda. Proses tersebut memang memakan waktu yang lama karena tergantung dari koneksi internet dan spesifikasi komputer anda.

setelah terinstall kita dapat membuat project meteor pertama kita dengan menggunakan perintah

meteor create nama_app

jika ingin menggunakan angular versi 2+ maka gunakanlah angular-meteor.