lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Microsoft sql server client pada mac osx dengan menggunakan microsoft visual studio code

0
Degananda.com -

Screen Shot 2018-08-18 at 14.04.40

SQL Server client pada editor !

Jika anda menggunakan mac dan berjalan diatas sistem opreasi osx serta sedang bekerja dengan database microsoft sql server (MSSQL) maka memilih database client untuk MSSQL adalah sebuah permasalahan tersendiri.

Ternyata, terdapat sebuah extension pada microsoft visual code editor(Selanjutnya akan disingkat dengan menggunakan VSC) yang mampu membuat editor tersebut terhubung ke microsoft sql server. Kita dapat melakukan query atau sekedar melihat struktur skema dari database dalam editor ini. Sangat menarik! karena kita tidak perlu switch ke window lainnya. Sehingga mirip seperti AIO(All in one) Software.

SQL Server client pada microsoft visual studio code.

Pastikan pada local machine anda telah terdapat visual studio code(VSC). Jika belum anda dapat mengunduhnya dilink dibawah ini :

https://code.visualstudio.com/

Silahkan unduh dan install sesuai dengan sistem operasi yang terinstall pada local machine anda.

Cara installasi Microsoft sql server client pada microsoft visual studio code.

Masuk pada visual studio code dan pastikan editor VSC ini telah terupdate pada versi terbaru. Disini kami menggunakan VSC Versi 1.26 yakni last update pada tanggal 31 juli tahun 2018.

Screen Shot 2018-08-18 at 13.55.51.png

Selanjutnya masuk pada menu extension. Jika anda kesulitan menemukan menu ini, silahkan menuju ke header tab view dan pilih extension seperti tertera pada gambar dibawah ini.

Screen Shot 2018-08-18 at 13.59.16.pngpada search box yang tampil ketika anda membuka menu extension ketika “mssql”. maka akan muncul satu extension yang bernama “SQL Server(mssql)”

Screen Shot 2018-08-18 at 14.03.53.png

Develop Microsoft SQL Server, Azure SQL Database and SQL Data Warehouse everywhere.

Silahkan install extension tersebut dan restart VSC anda(Wajib, tanpa restart/reload VSC extension ini belum dapat digunakan) sebelum MSSQL Client tesebut dapat digunakan.

Cara membuat koneksi ke Microsoft sql server dengan menggunakan extension dari visual studio code

Setelah extension terinstall, tentunnya maka anda memerlukan sebuah MSSQL database. Untuk keperluan ulasan ini kami telah menyiapkan MSSQL Database. Anda dapat membuatnya dengan gratis(selama 12 bulan pertama) melalui portal azure ataupun google cloud platform.

Tetapi sebelum itu kita harus melakukan installasi terhadap SQL Tools services. Untuk dapat melakukan installasi SQL Tools services ini anda cukup buka command pallate dan pilih MS SQL : Connect. Maka pada terminal secara otomatis akan melakukan installasi SQL tools services.

Screen Shot 2018-08-18 at 15.03.30.png

Setelah itu, pastikan kita menggunakan mode SQL Cukup ikuti perintah atau wizard yang muncul ketika anda menggunakan mysql connect. Untuk melihat apakah kita menggunakan SQL, anda dapat melihatnya di infobar dibagian bawah microsoft visual studio code.

Screen Shot 2018-08-18 at 15.23.27.png

Setelah kita memastikan menggunakan mode SQL, selanjutnya masukan profiler info atau detail dari server tujuan (MSSQL database server). Kurang lebih berikut adalah info yang harus didefinisikan.

Server name Nama instances dari SQL Server anda
[Optional] Database name Nama database, tetapi opsional anda dapat mengosongi
User name username dari instances
Password (SQL Login) Password dari instances.

extension ini akan memandu anda dalam mengisi informasi-informasi diatas. Setelah informasi telah anda masukan maka notifikasi yang menunjukan bahwa profiler berhasil dibuat akan muncul dipojok kanan bawah.

Screen Shot 2018-08-18 at 15.29.09.png

done anda telah berhasil konek ke SQL Server melalui Microsoft visual studio code. Untuk tahu profiler mana yang sedang gunakan serta informasi detail profiler mana yang sedang terkoneksi dengan visual studio code maka pada status bar dibawah bagian pojok kanan akan menjelaskan kondisi tersebut.

Screen Shot 2018-08-18 at 17.27.58.png

dari informasi diatas dapat diketahui bahwa kita sedang terkoneksi ke ip 35.187 dengan user : degananda dan sedang memilih database POC.

Berpindah database

agar anda dapat berpindah database terdapat dua cara , cara pertama adalah anda menggunakan SQL Query. Cara kedua yakni anda cukup klik nama database yang sedang anda pilih di status bar maka visual studio code akan menampilkan list database anda yang dengan mudah dapat anda pilih untuk menggantinya.

Screen Shot 2018-08-18 at 17.30.43.png