lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Mulai Mengenal Google Cloud Platform – Global, Regional dan Zonal Resources

0
Degananda.com -

GCP Resources

GCP (Google Cloud Platform) terbentuk atas kumpulan aset fisik contohnya seperti komputer, router , storage/hard disk dan lain sebagainnya. Selain itu GCP jugatersusun atas resources virtual (virtual resources, contohnya virtual machine) yang di letakan pada suatu kontainer. Google memiliki data center yang tersebar diseluruh dunia untuk hosting pada container tersebut.

Lokasi data center google terbagi pada beberapa region yakni : Asia, Australia, Eropa, North America dan South America

gcp-resources_region_zone.jpg
Region merupakan kumpulan lebih dari satu zones. 

Region merupakan kumpulan dari lebih dari satu zones yang mana setiap zone ini terisolasi dari region lainnya. Artinnya, satu zone hanya akan terhubung dengan satu region. Penamaan zone dibuat dengan menggunakan kombinasi dari nama identifier suatu region. Contohnya

asia-east1-a

Resources dari GCP ini tersebar di berbagai belahan dunia dengan alasan sebagai berikut ini :

  1. mengurangi latency. User yang mengakses server/services dari GCP akan di route/hubungkan ke server terdekat dalam hal ini lokasi google server terdekat. Contohnya pada indonesia maka secara default akan diarahkan ke regiob asia/singapore.
  2. mengurangi kemungkinan untuk terjadinnya redudancy failure (terjadinnya satu error/kegagalan di zone tertentu yang kemudian ter-replikasi/duplikasi pada zone lainnya).
  3. Terdapat sistem distribusi & rule/aturan yang mengikat pertukaran data antar region/zone.

cloud service adalah layanan yang dihasilkan antara kombinasi software dan hardware.

GCP Global, regional dan zonal resources

GCP_global_region_zonal_resources.jpg
Global , Regional & Zonal GCP Resources diagram

beberapa resource dapat diakses oleh resources lainnya melalui pertukaran data lintas region ataupun lintas zone. Resource tersebut bernama global resources. Daftar layanan yang termasuk dalam global resources ini adalah

  1. preconfigured disk image (linux family,etc)
  2. disk snapshots
  3. networks

sedangkan adapula beberapa resources yang hanya dapat diakses di level regional atau juga dapat disebut sebagai regional resources. Setiap regional resources ini akan memiliki static external ip address.  Dan terahir merupakan zonal resources yang hanya dapat diakses didalam network zone tersebut. Contoh zonal resources adalah  : VM Intances & Disk (storage).

Setiap operasi yang dilakukan pada GCP akan memiliki scope pertukaran datanya masing-masing tergantung dari jenis operasi tersebut.

berikut adalah dua contoh operasi yang terjadi pada GCP dan scope pertukaran datannya (global/regional/zonal)

  1. Case 1 : Membuat network/jaringan – scope operasi ini adalah global karena resource jaringan/network adalah global resources.
  2. Case 2 : Melakukan reservasi ip address : external static ip address adalah operasi regional karena booking ip address berada pada level regional resources.
  3. Case 3 : Membuat dan konfigurasi virtual machine. Pembuatan virtual machine terjadi pada level zonal. Tetapi, saat virtual machine tersebut membutuhkan snapshot maka secara otomatis snapshot akan berjalan pada level global (karena disk snapshot berada pada level global).

Secara default, GCP akan secara otomatis menghalangi operasi-operasi yang dapat membuat latency network menjadi buruk. Contohnya menggunakan disk yang berada di region berbeda. Operasi ini akan ditolak oleh google karena disk hanya dapat digunakan oleh virtual machine yang berada di satu region.

(Visited 10 times, 1 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply