lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Panduan memilih dan membeli laptop yang tepat untuk kalangan pelajar dan mahasiswa

0
Degananda.com -

Screen Shot 2018-08-20 at 00.57.45

Antara pelajar, internet dan laptop zaman now

Dewasa ini kebutuhan penggunaan laptop seakan menjadi kewajiban bagi seorang pelajar. Terutama untuk pelajar sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menegah atas(SMA) ataupun mahasiwa (Kuliah). Hal ini dikarenakan tuntutan dari mata pelajaran tersebut yang mengharuskan siswa dan mahasiswa menggunakan laptop untuk menyelsaikan tugasnya.

Laptop bagi pelajar dan mahasiswa

Screen Shot 2018-08-20 at 00.58.53.png

Sebagai contohnya untuk tugas merangkum suatu materi, biasannya pelajar dan mahasiswa zaman sekarang akan mencari literaur di internet. Tidak seperti pelajar dan maahsiswa zaman dahulu yang akan mencari literatur melalui perputakaan karena memang teknologi telah bekembang. Dengan adannya mesin pencari seperti google ataupun bing, maka pelajar dan mahasiswa lebih mudah dalam mencari literatur terkait materi mereka dan teunnya lebih akurat.

Literatur yang ditemukan di internet terutama terkait materi-materi didunia keilmiahan atau pendidikan biasannya disajikan dari suatu website atau blog. Bagi seorang pelajar atau mahasiswa tentunnya lebih mudah untuk mempelajari materi tersebut jika dapat membukannya dilaptop jika dibandingkan melalui ponsel. Ini dikarenakan laptop memiliki ukuran layar yang lebih lebar.

Memilih laptop yang cocok bagi pelajar dan mahasiswa

Screen Shot 2018-08-20 at 00.59.47.png

Lantas, jika anda seorang pelajar, mahasiswa ataupun orangtua yang hendak membelikan buah hati laptop untuk keperluan pendidikan maka pertimbangkanlah beberapa faktor dibawah sebelum memilih ataupun membeli laptop.

Terdapat beberapa fakor yang kami angkat terkait pemilihan laptop yang cocok bagi pelajar dan mahasiswa. Lima faktor dalam memilih laptop bagi pelajar dan mahasiswa tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Ukuran layar laptop
  2. Kualitas layar laptop
  3. Jumlah ram dari laptop
  4. Garansi dari laptop
  5. Slot USB dari laptop

Anda mungkin heran dengan lima faktor diatas karena tidak tercantumnya Processor atau yang juga kita kenal sebagai CPU. Ini dikarenakan pembahasan terlingkup pada penggunaan laptop untuk pelajar dan mahasiswa dengan asumsi untuk kegiatan pendidikan seperti : browsing literatur di internet, entertaiment sederhana layaknya youtube, spotify ataupun soundcloud, penggunaan untuk penulisan microsoft word, perhitungan diexcel ataupun membuat powerpoint untuk keperluan presentasi di kelas.

Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam membeli laptop untuk pelajar dan mahasiswa

1.Ukuran layar laptop

Screen Shot 2018-08-20 at 01.00.24.png

ini adalah faktor yang paling penting jika anda hendak membeli laptop untuk kalangan pelajar dan mahasiswa. Ingat bahwa anda akan menggunakan laptop ini untuk belajar. Kami sarankan untuk mencari laptop dengan ukuran layar yang besar yang sesuai dengan budget anda. Kami sarankan minimal laptop tersebut memiliki ukuran layar sebesar 12 inch.

Jika ukuran layar dibawah itu maka penggunaan laptop untuk keperluan pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa tidak optimal karena bagi pelajar dan mahasiswa kegiatan yang paling dilakukan dengan laptop tersebut adalah untuk browsing literatur dan penulisan tugas-tugas melalui microsoft word, microsoft excel ataupun microsoft powerpoint.

2.Kualitas layar laptop

Screen Shot 2018-08-20 at 01.01.26.png

Kembali lagi bahwa ini adalah laptop untuk keperluan pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa. Carilah laptop yang dapat memanjakan mata anda dan tidak membuat mata anda cepat lelah. Cara mengetesnya adalah ketika anda berada ditoko untuk memilih laptop , secara umum toko tersebut akan menyediakan contoh display laptop. Carilah laptop dengan color screen yang soft sehingga dapat memanjakan laptop anda.

Selain itu, jika memang memungkinan (secara budget) carilah laptop dengan layar yang tidak memantul karena laptop ini pasti sering dibawa kesana kemari bagi kalangan pelajar dan mahasiswa. Intensitas cahaya yang akan dihadapi berbeda-beda terkadang harus berhadapan langsung dengan matahari karena sedang melakukan kegiatan diluar kelas. Sehingga mendapatkan laptop dengan layar yang tidak memantul adalah pilihan yang sangat tepat.

3.Jumlah ram dari laptop

 

Screen Shot 2018-08-20 at 01.01.54.png

Bagian ini tidak perlu kami panjang lebar menjelaskan. Berapapun budget anda , pilih lah laptop dengan kapasitas RAM minimal sebesar 4 gb (empat gigabyte). Jika dengan budget anda sekarang tidak mendapatkan ram sebesar tersebut tundalah membeli laptop pada saat itu juga. Bersabarlah sebentar untuk mendapatkan laptop dengan ram sebesar 4 gb.

Alasannya sederhana, browser zaman sekarang mengkonsumsi ram yang cukup besar dan juga bagi pelajar ataupun mahasiswa kegiatan multitasking seperti membuka browser dan microsoft office(word,excel,powerpoint) akan sangat sering dilakukan. Sehingga ram minimal 4 gb adalah alasan yang sangat rasional. Wajib !. Tunda beli laptop jika laptop tersebut tidak memiliki ram 4 gb.

4.Garansi dari laptop

Screen Shot 2018-08-20 at 01.02.19.png

Kami sarankan membeli laptop yang memiliki services center di indonesia dan services center tersebut bukanlah services center bersama. Tentunnya anda tidak ingin kegiatan belajar bagi pelajar dan mahasiswa terganggu hanya karena laptop yang bermasalah bukan.

Kenali keluh kesah pelanggan dari merek – merek laptop tersebut. Banyak sekali testimoni pengguna laptop dengan merek tertentu tersebar di internet. Pastikan merek tersebut jarang mendapatkan masalah terkait claim garansi.

5.Slot USB 3.0

Screen Shot 2018-08-20 at 01.02.59.png

Pada kegiatan belajar bagi pelajar dan mahasiswa, tentunnya tidak akan terlepas dari penggunaan USB. Misalnya untuk berbagi file ataupun mengumpulkan tugas jika memang keadaan lingkungan sekitar pelajar ataupun mahasiswa tersebut belum terbiasa dengan cloud sharing seperti google drive, email ataupun dropbox.

Kami menyarankan carilah laptop yang sudah memiliki paling tidak satu slot usb 3.0 Slot USB ini berwarna biru. Jika slot USB 2.0 akan berwarna putih atau abu-abu. Slot USB 3.0 ini sangat cepat dibandingkan dengan slot USB 2.0.

Kesimpulan

Anda seorang pelajar ataupun mahasiwa yang sedang mencari laptop untuk kegiatan belajar maka prioritaskanlah lima hal ini dengan prioritas seperti dibawah ini :

  1. Prioritas 1 Ukuran layar laptop
  2. Prioritas 2 Kualitas layar laptop
  3. Prioritas 3 Jumlah ram dari laptop
  4. Prioritas 4 Garansi dari laptop
  5. Prioritas 5 Slot USB dari laptop

jika anda pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan laptop selain untuk kegiatan pembelajaran misalnya untuk gaming maka pastikan mempertimbangkan spesifikasi VGA dan CPU atau processornya tentunnya dengan budget yang lebih dibandingkan hanya mempertimbangkan lima faktor diatas.