lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Penjelasan Sistem modular ( module ) pada NodeJS

0
Degananda.com -

Pengertian modular pada nodejs

Modular secara pengertian yang dikutip dari merriam-webster (2018) adalah suatu kemampuan dari komponen sistem untuk dapat dipisahkan(separated) satu dengan lainnya yang kemudian dapat disatukan kembali (recombined) dengan tujuan untuk menginatkan fleksibilitas dan penggunaan kembali (re-use) tanpa perlu membuat satu komponen baru.

nodejs_modularity.jpg

Jika dianalogikan seperti suatu mobil, konsep modular ini mengacu pada komponen-komponen penyusun mobil tersebut. Secara sederhana (contoh) mobil membutuhkan rangka, mesin dan roda.  Semua komponen tersebut tidak perlu dilakukan produksi secara mandiri melaikan beberapa komponen dapat di impor dari negara lain dengan contoh sebagai berikut.

  • Rangka – produksi sendiri
  • mesin – impor dari negara A
  • roda – impor dari negara B

dari contoh diatas maka mobil dapat dirakit dengan hanya menggunakan satu komponen dengan produksi sendiri (rangka). Konsep modularity seperti inilah yang juga diterapkan oleh NodeJS.

Sihir dari Node Package Manager (NPM) !

Dalam pembuatan program nodejs tidak perlu 100% menggunakan kode yang ditulis sendiri oleh developer namun dapat memanfaatkan komponen – komponen yang telah disediakan oleh official nodejs maupun 3rd party. 3rd komponen merupakan komponen yang dibuat oleh komunitas developer (non official tim nodejs).

Terdapat jutaan komponen atau yang biasa disebut dengan libraries yang tersedia di internet. Contoh(hanya sebagian kecil) beberapa libraries yang tersedia :

  • Libraries untuk koneksi ke database.
  • Koneksi ke socket (untuk pembuatan aplikasi chat).
  • Libraries untuk konversi tanggal ke format tertentu – sangat berguna sekali ketika program yang didevelop sangat tergantung pada zona waktu.
  • dan lain sebagainnya.

Libraries ini diterorganisir dalam website bernama npmjs. Kunjungi website tersebut dengan mengakses link dibawah ini.

https://www.npmjs.com/

Libraries yang terdapat atau terpublish pada halaman npmjs.com merupakan opensource sehingga tidak perlu khawatir terkait dengan lisensinya. Namun tetap perhatikan jumlah weekly download, siapa publishernya serta jumlah issues yang ada untuk memastikan package tersebut berkualitas.

Seperti contohnya , Libraries mysql ini dimemiliki > 500.000 kali download dengan jumlah open issues yang relatif rendah.

mysql_npm.jpg

dokumentasi atas Libraries tersebut tersedia pada link github yang tersedia pada halaman npmjs.com.github_npm.jpgPastikan membaca dokumentasi tersebut agar dapat menggunakannya dengan baik. Contoh dibawah ini adalah website untuk melihat dokumentasi Libraries mysql di github

https://github.com/mysqljs/mysql#readme

Konsep modularity ini akan diatur oleh NPM (Node package manager). Oleh karena itulah ketika nodejs terinstall maka didalamnya akan secara otomatis (default) terdapat Node package manager (NPM).

Tiga sumber komponen pada NodeJS

Sesuai dengan ilustrasi pembuatan mobil yang terdapat pada awal artikel ini, selain komponen tersebut dapat di impor dari negara lain ataupun dari vendor lain maka komponen juga bisa diproduksi sendiri.

Sehingga , secara keseluruhan terdapat tiga cara untuk membuat komponen yakni :

  1. Menggunakan komponen official yang tersedia dari tim nodejs atau yang bisa disebut dengan NodeJS Core Modules
  2. Menggunakan komponen 3rd party yang tersedia pada npmjs.com
  3. Menggunakan komponen buatan sendiri.

Ketiga source komponen tersebut akan sangat membantu dalam membuat program pada nodejs terutama untuk melakukan penghematan waktu. terimakasih pada kemampuan modular nodejs yang reusable dan flexible.

LEAVE A REPLY