lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Perbedaan umum web designer dan web developer

0
Degananda.com -

Perbedaan umum web designer dan web developer

Web Designer

Secara arti designer adalah seseorang yang melakukan desain terhadap suatu hal. Maka web designer adalah seseorang yang membuat rancangan design dari suatu website. Design ini berupa ‘look and feel’ dari website tersebut. Output yang dihasilkan oleh seorang web designer adalah berupa mock up(Sebuah bentuk realistis dari sebuah karya digital) dari website yang dapat berbentuk dalam format psd , cdr (corel draw format) ataupun format-format gambar pada umumnya.

Berikut adalah contoh mockup dari suatu aplikasi android ataupun tampilan website yang nantinnya akan diakses melalui smartphone (resolusi mobile).

Ini adalah contoh mockup aplikasi surabaya113.com

Seorang web designer hanya bertanggung jawab terhadap konsep desain dari website tersebut dia tidak bertanggung jawab terhadap bagaimana cara atau metode yang tepat untuk mentransformasi desain tersebut menjadi website yang dapat diakses oleh user (dapat digunakan) karena hal tersebut merupakan domain dari seorang web developer.

Web designer tidak membuat atau melakukan coding terhadap HTML(Hypertext markup language), CSS(Cassading style sheet), javascript ataupun teknologi pendukung frontend lainnya.

Web developer

Developer secara arti adalah pengembang. Maka web developer adalah seseorang yang mengembangkan website berdasarkan desain dari seorang web designer dan analyst. Web developer tidak hanya mempertimbangakn look and feel atau desain yang diberikan oleh seorang desainer namun harus juga mempertimbangkan aspek bisnis proses maupun arsitektur sistem yang diberikan oleh sistem analyst atau functional.

Tanggung jawab seorang web developer jika terkait dengan hubungan antara web desainer dan web developer adalah menerjemahkan atau mentransformasikan desain yang diberikan oleh web desainer menjadi website yang dapat diakses oleh user. Sehingga web developer melakukan coding HTML, CSS ataupun Javascript agar bisa menjadikan website tersebut dapat diakses oleh user di internet.

web developer harus menguasai teknik pengembangan frontend website meliputi HTML, CSS dan javascript namun untuk sekarang seorang web developer (frontend) harus juga menguasai framework-framework frontend seperti angular , react, vue dan lain sebagainnya.

Tetapi jika memang sistem yang akan didelivery bukan menggunakan SPA (Single page application) melaikan MPA(Multipage Application) maka seorang web developer(frontend) harus menguasai teknologi MPA yang digunakan contohnya pada php terdapat wordpress, drupal, ataupun php native. Jika tidak menggunakna php maka harus dapat beradaptasi dengan teknologi yang digunakan seperti python, ruby on rails dan lain sebagainnya.

Web developer vs web designer

The DESIGNER creates the look and feel

The DEVELOPER Builds it

Skillset web developer vs web designer

Jika dilihat dari sudut pandang skillset atau kemampuan yang harus dikuasai sebenarnya hal ini sangat bias karena seorang web developer dapat juga merupakan web designer karena dia juga mengusai photoshop , konsep design ataupun corel serta web designer juga merupakan seorang web developer karena saat ini banyak sekali kelas online yang dapat menjadi seorang yang awan dengan mudah mempelajari HTML, CSS ataupun javascript.

Seorang web designer harus mempunyai kemampuan :

  1. Photoshop ataupun corel
  2. Kemampuan dasar design

Seorang web developer harus mempunyai kemampuan :

  1. Logika pemrograman yang baik
  2. Frontend web development skillset : HTML , CSS dan Javascript