lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Java dasar 2 – primitive vs non primitive data type

0
Degananda.com -

Terdapat dua jenis tipe data di java. Primitive dan non primitive. Sebelum mengenal istilah primitive dan non primitive kita akan membahas mengenai pengertian tipe data. Tipe data adalah klasifikasi dari suatu data yang didalamnya terdapat spesifikasi jenis dari data tersimpan nantinnya pada suatu variabel / fungsi. Contoh spesifikasi ini adalah integer, string dan lain sebagainnya.

Pada dunia pemrograman tipe data sangat penting untuk digunakan. Terlebih saat kita membuat variabel. Setiap variabel akan memiliki tipe data yang spesifik. Kita tidak dapat memiliki variabel yang menyimpan data string dan integer. Ilustrasinnya seperti wadah rengginang dan wadah kue monde. Jika dicampur jadi satu akan menyesetkan pemakannya.

Primitive

Primitive data type adalah tipe data yang telah terdefinisi(supported) di suatu bahasa pemrograman. Contohnya pada java adalah byte, short, int, long, char, float , double dan boolean. Contohnya kita membuat variabel yang akan menyimpan umur dari seseorang dan ingin data umur tersebut nantinnya dioperasikan (untuk menghitung tahun lahir) maka akan menggunakan primitive data type integer.

Non primitive

Non primitive data type adalah tipe data yang tidak terdefinisi secara default (supported) oleh suatu bahasa pemrograman melainkan didefinisikan sendiri oleh programmer tersebut atau biasannya juga disebut sebagai references object. Contoh dari non primitive data type ini adalah array. Saat kita membuat array kita dapat definisikan sendiri(programmer mendefinisikan) tipe data untuk anggota/member dari array tersebut. Misalkan array tersebut memiliki tipe data integer/string/dsb dan bahkan dapat menggunakan tipe data dari object yang telah kita buat sendiri. Misalkan object person saat kita menyimpan daftar person dalam suatu array. Untuk saat ini cukup fahami bahwa kita dapat menciptakan tipe data sendiri dalam array maupun tidak. Hal tersebut akan dibahas dalam pembahasan-pembahasan selanjutnya.

Pada java non primitive data type disebut sebagai suatu object karena object “dibuat” bukan didefinisikan oleh java itu sendiri.

Namun, suatu object dapat terdiri dari variabel – variabel yang menggunakan tipe data primitive. Contohnya object mobil didalamnya pasti ada data mengenai jumlah ban (primitive :int) , kapasitas mesin (cc) (primitive : double). Untuk saat ini cukup diketahui saja mengenai “object” nanti kita akan mempelajari bagaimana membuat “object” sendiri dengan menggunakan class.

Mengapa string tidak masuk dalam primitive data type pada java ?

ini adalah pertanyaan yang sering diajukan terkait dengan topik primitive data type. Jawabannya adalah karena string memiliki method. Silahkan buka ide anda dan definisikan satu variabel dengan tipe string. Maka anda dapat lihat string tersebut memiliki banyak sekali method. Salah satu ciri primitive data type adalah tidak memiliki method.

public class Helloworld {

    public static void main(String [] agrs){
        String nama = "dega";
        int umur = 22;
        nama.
    }

}

Jika kita melakukan “dot”(mendapatkan fungsi yang mengikat pada variabel) terhadap variabel diatas. “M” dibagian kiri merupakan “method” jika anda menggunakan IDE intelliJ

Anda dapat melihat bahwa terdapat banyak sekali method yang mengikat pada string. Sehingga string adalah suatu “class” yang memiliki banyak method sehingga disebut sebagai non primitive data type pada java. Ingat bahwa primitive dan non primitive ini tergantung pada jenis pemrogramannya (bahasa pemrograman yang digunakan).

sekarang bandingkan jika anda membuat variabel dengan tipe data int. Maka tidak ada method yang melekat pada tipe data primitive tersebut

public class Helloworld {

    public static void main(String [] agrs){
        String nama = "dega";
        int umur = 22;
        umur.
    }

}

Jika kita melakukan “dot”(mendapatkan fungsi yang mengikat pada variabel) terhadap variabel diatas.

Anda dapat melihat bahwa int tidak memiliki “METHOD” yang mengikat. pada IDE intellij method dilambangkan dengan huruf m pada auto completenya seperti pada contoh diatas. Hal ini juga berlaku untuk tipe data primitive lainnya seperti int, boolean, byte , char, long , float, dan double. Daftar primitive data type dapat anda lihat secara lengkap di :

https://docs.oracle.com/javase/tutorial/java/nutsandbolts/datatypes.html

sebenarnya kita tidak perlu merisaukan antara variabel tersebut primitive ataukah non primitive namun hal ini penting untuk pengetahuan dan menjelaskan bahwa ternyata kita dapat mendefinisikan tipe data baru untuk variabel yang kita buat.