lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Rekomendasi VPS murah untuk memulai pembelajaran , riset ataupun bisnis

0
Degananda.com -

Jika seseorang memutuskan untuk menyewa VPS(Virtual private server) maka sudah dipastikan dia memiliki berbagai kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh shared hosting pada umumnya. Tidak hanya itu, dia yang memutuskan untuk menyewa VPS berarti telah berniat untuk menyusahkan dirinnya dengan berbagai macam konfigurasi hingga pengelolaan server he he.

kita yang hanya sekedar menyewa VPS untuk kegiatan riset, pembelajaran ataupun memulai suatu bisnis (startup) dan memang membutuhkan VPS tentunnya menginginkan VPS dengan harga terbaik dan termurah.

Terdapat beberapa penyedia VPS yang menawarkan harga yang murah dalam kasus ini kami akan berikan scope VPS yang ingin kita bandingkan.

  1. server singapore (Bukan iix), sehingga kami tidak membahas mengenai penyedia layanan vps lokal. Kami berasumsi bahwa anda mengakses vps ini di indonesia dan dengan target pengunjung/user yang mengaksesnya dari negara indonesia sehingga singapore adalah region paling terdekat dari indonesia.
  2. harga <= $5.
    Lima dollar sebulan itu sangat terjangkau, kita cukup membayar $5/30 = 0.16 dollar per hari atau sekitar 2000 rupiah per harinnya dan mendapatkan VPS yang memadai untuk permulaan.
  3. tidak membahas performa. Kami tidak melakukan test performa server dimasing-masing provider hanya membandingkan harga dan spesifikasi vps yang kita dapatkan. Murni berdasarkan harga & spek yang ditawarkan dengan kata lain matrix yang digunakan hanyalah : HARGA.

jika anda mencari vps dengan provider lokal maka akan kami bahas nanti di ulasan lain. Kali ini akan berfokus pada penyedia vps non-lokal.

Matrix yang digunakan untuk membandingkan hanyalah mengenai harga karena memang berfokus mencari vps termurah untuk keperluan riset, pembelajaran ataupun memulai suatu bisnis(startup).

Terdapat tiga penyedia vps yang akan kami bahas disini yakni

  1. vultr.
  2. digitalocean.
  3. linode.

Perbandingan paket termudah penyedia vps singapore

Kami membandingkan harga, kapasitas ram yang ditawarkan, bandwidth, jumlah CPU dan kapasitas penyimpanan.

Provider Price RAM CPU Storage Bandwidth
Vultr SG $5 1 GB 1 25gb SSD 1000GB (1 TB).
Digitalocean SG $5 512 MB 1 20gb SSD 1000GB (1 TB).
Linode SG $5 1 GB 1 20gb SSD 1000GB (1 TB).

Secara harga dan spesifikasi VPS yang ditawarkan dapat dipastikan vultr mengungguli kedua kompetitornya yakni digitalocean dan linode. Sehingga jika anda membutuhkan server dengan harga murah ($5) dan memiliki spek yang tinggi pilihlah vultr karena dari sisi harga dan spek yang ditawarkan sangat baik.

Namun, perlu di ingat bahwa pembahasan ini hanya membandingkan harga dan spek tertera yang ditawarkan. Ulasan selanjutnya akan membahas matrix lain seperti :

  1. Fitur yang ditawarkan
  2. Ketersediaan image
  3. Dokumentasi

Kesimpulan

Pilih lah vultr jika anda ingin mendapatkan spek yang tinggi dengan harga murah. Vultr menawarkan kapasitas RAM tertinggi dan kapasitas penyimpanan(Storage) tertinggi.

NB : Ketiga provider VPS diatas membutuhkan credit card untuk melakukan pembayaran.