lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

slim framework – perkenalan & installasi

1
Degananda.com -

Kita telah mengeal beragam framework yang ada pada php (hypertext pre processor) contohnya seperti code igniter, cake, zend, laravel dan lain seabagainnya.  Namun belakangan ini muncul satu framework “jenis baru” yakni micro framework. Apakah itu micro framework ? silahkan simak ulasan berikut ini.

Micro framework

Micro berdasarkan pada KBBI (Kamus besar bahasa indonesia) berarti “kecil; tipis; sempit:”. Artinya microframework adalah framework kecil dan sering kali dapat diartikan sebagai suatu web framework yang mengakomodasi fungsi spesifik tertentu. Contohnya adalah lumen, slim merupakan suatu web framework yang berfokus pada pembuatan API dan micro services. Kedua hal tersebut nantinya akan dikonsumsi oleh services lainnya (web services).

Berlainan dengan full-stack framework yang mengakomodasi banyak hal seperti :

  1. account management
  2. autentikasi
  3. database abstraction
  4. templating (html).
  5. dan lain sebagainnya

micro framework tidak mengakomodasi fitur-fitur diatas melainkan hanya suatu fungsionalitas kecil. Keuntungannya adalah framework tersebut secara teori tentunnya “lebih ringan” jika dibandingkan dengan full-stack framework atau juga dapat disebut sebagai enterprise framework. Dan sekali lagi menurut teori, jika framework tersebut ringan otomatis performa yang dihasilkan juga akan lebih baik jika dibandingkan dengan full-stack framework untuk fungsionalitas tertentu (pada kasus ini adalah untuk membangun RESt-API).

Slim framework

Slim framework merupakan framework yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman php. Untuk package manager yang digunakan adalah composer. Slim mengakomodasi fungsi – fungsi yang terkait dengan pembuatan API (Apllication programming interfaces). Untuk dapat menjalankan slim diperlukan php dengan minimal versi 5.5.

Sebagai suatu framework tentunnya slim memiliki fitur-fitur yang diakomodasinnya. Berikut ini adalah daftar fitur yang dimiliki oleh slim framework.

  1. Request & response handler
    hal ini sangat penting tentunnya karena kita akan membuat API yang pasti akan membutuhkan untuk melakukan pengelolaan terhadap request yang ada. Baik request dari client ke server ataupun sebaliknya.
  2. Routing + middleware
    tanpa routing api akan sangat susah untuk diakses dan dilakukan pengelolaan. Fitur routing pada slim tentunnya akan sangat membantu pembuatan API project kita. Middleware  akan membantu kita untuk melakukan error handling
  3. Error handler
    bayangkan jika api mengalami error secara parsial namun api tersebut down? maka seluruh services tidak dapat diakses. Oleh karena itu event handler ini hadir untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut. Meski fungsi error handler tidak hanya itu saja (masih banyak kegunaan lainnya).
  4. JSON
    slim menggunakan JSON sebagai format pertukaran data yang mana format ini sangat populer dan ringan (which is good bro).

sekelias secara singkat fitur tersebut hampir sama dengan express (salah satu webframework) yang berjalan pada nodejs. Namun slim ini berjalan pada php yang mana memiliki keuntungan yakni terdapat banyak sekali developer php jika dibandingkan dengan nodejs. Tentunnya ini akan mempermudah jika suatu saat membutuhkan tenaga tambahan / partner kerja.

Installasi slim framework

Install composer

slim menggunakan package manager berupa composer, oleh karena itu kita perlu menginstall composer terlebih dahulu.

Gunakan composer untuk mendownload slim

Masuklah pada folder htdocs / www / apapun folder yang anda gunakan(lokasi web folder) kemudian install slim framework. perintah yang digunakan untuk mendownload slim framework adalah sebagai berikut ini

php composer.phar create-project slim/slim-skeleton [my-app-name]

jalankan php web server (built-in dari slim)

slim memiliki web server tersendiri (built-in). Sehingga kita perlu menjalankan web server tersebut untuk running slim framework tersebut. Perintah yang digunakan adalah sebagai berikut ini

php -S localhost:8080 -t public public/index.php

done maka slim framework siap untuk digunakan. Simak cara penggunaan / coding pada slim framework dalam hal pembuatan RESTful API dengan menggunakan slim framework pada ulasan selanjutnya.